Sunday, March 9, 2014

Tips Merawat Charger Dengan 7 Langkah Mudah

Charger merupakan salah satu perangkat pendukung utama untuk sebuah handphone. Namun penggunaan charger yang asal bisa menyebabkan kerusakan lebih cepat terjadi. Meski harga charger tidak terlalu mahal, tetap saja tidak ada orang yang mau charger handphone-nya cepat rusak, bukan? Agar charger handphone lebih awet dan tahan lama, maka perlu dilakukan perawatan.
Berikut adalah tips mudah merawat charger handphone agar lebih awet.

  1. Usahakan agar charger handphone tidak terjatuh, tidak retak atau pecah dan tidak terkena air.
  2. Cabut charger setelah bar petunjuk baterai pada ponsel berhenti bergerak atau muncul keterangan bahwa baterai telah penuh. Bila tidak dicabut, hal ini juga bisa menyebabkan kerusakan pada baterai handphone berupa penggelembungan pada baterai handphone.
  3. Pakai charger handphone yang sesuai dengan jenis kapasitas baterai ponsel.
  4. Charger baterai dalam keadaan ponsel dinnaktifkan (baterai NiCad dan NIiMH).
  5. Pastikan bahwa posisi charger pada stopkontak harus mulus, colokannya pas atau tidak terlalu longgar karena bisa menimbulkan panas yang berlebih.
  6. Jika tidak sedang digunakan, lepaskan charger handphone dari stopkontak.
  7. Jika Anda adalah pengguna yang aktif, maka sediakan charger tambahan di rumah dan tempat kerja atau traveling bag. Hindari meminjam charger milik orang lain. Hal ini karena selain belum tentu sesuai dengan tipe ponsel, bisa saja bukan charger original sehingga bisa menurunkan kualitas baterai dan charger handphone Anda.

No comments:

Post a Comment