Monday, March 10, 2014

5 Tips Agar Tetap Makan Sehat Saat Traveling

Traveling tak lepas dari kuliner. Di tempat tujuan, Anda akan tergoda mencicipi banyak makanan khas yang belum tentu menyehatkan. Agar tetap bugar selama traveling, berikut 5 tips makan sehat selama perjalanan.

1. Pilih makanan khas yang sehat
Mencicipi makanan khas lokal adalah agenda wajib saat traveling. Namun tak semua makanan khas adalah menyehatkan, apalagi kalau mengandung banyak lemak dan melewati proses penggorengan.
Pilihlah makanan atau camilan sehat, baik dari bahan maupun proses pembuatannya. Bila sedang berada di Vietnam, Banh Mi atau Spring Roll bisa jadi pilihan. Kalau berada di Thailand, Mango Sticky Rice camilan yang tepat. Tak sulit bukan?

2. Belanja di pasar tradisional
Blusukan di pasar tradisional adalah aktivitas seru untuk dilakukan di destinasi tujuan. Jangan hanya mengamati suasana, manfaatkan momen ini untuk belanja beragam panganan demi memenuhi kebutuhan nutrisi Anda.
Buah dan sayur-sayuran segar bisa jadi pilihan. Kalau tak mau repot, belilah buah-buahan seperti apel dan pir. Wortel atau tomat bisa jadi opsi untuk sayuran.

3. Blender portabel
Anda termasuk traveler yang gemar minum smoothies? Traveling tak jadi penghalang untuk tetap minum campuran buah dan sayuran ini. Sebelum berangkat, belilah blender mungil portabel yang bisa masuk koper bahkan ransel.
Blender portabel ini sudah banyak dijual di pusat perbelanjaan atau supermarket. Saat berada di destinasi tujuan, datangi pasar atau supermarket terdekat untuk membeli aneka kebutuhan smoothies.
Buah, sayur, dan madu adalah komposisi utama agar Anda tetap bisa menyeruput smoothies seharian. Jangan lupa bawa pisau lipat untuk memotong buah dan sayuran ya!

4. Minum banyak air putih
Wajar hukumnya ketika Anda membawa air mineral botol besar kemanapun kaki melangkah. Hal ini juga dilakukan oleh banyak traveler mancanegara, terutama kalau destinasi tujuan beriklim tropis dan berhawa panas.
Dengan minum banyak air putih, Anda terhindar dari dehidrasi. Air putih juga minuman yang paling baik usai menyantap makanan.

5. Beli buah pinggir jalan
Banyak kota di dunia, termasuk di Asia Tenggara, dengan banyak penjual buah segar. Tak sulit mencari penjual buah pinggir jalan di kota-kota di Indonesia, Thailand, Filipina dan Vietnam.
Namun sebelum membeli, pastikan buah potongan itu tak dicelup ke air gula. Traveler juga bisa membeli buah aegar dalam bentuk jus atau sari buah. Misalnya, sari jeruk atau delima yang dengan mudah ditemukan di Bangkok.

No comments:

Post a Comment