Saturday, March 8, 2014

9 Drop Out Super Kaya di Jagat Teknologi

Drop out kuliah mungkin bukan merupakan hal yang bagus. Namun jika mengalaminya jangan langsung putus asa, karena bukan tidak mungkin drop out kuliah malah membuka jalan menuju kesuksesan mengagumkan.
Namun memang ada syaratnya, tidak sekadar drop out lalu bisa mendadak sukses. Diperlukan kerja keras dan impian besar sebelum kesuksesan bisa direngkuh. Dan biasanya juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar.
Contohnya sudah cukup banyak. Termasuk di dunia teknologi, di mana beberapa pendiri perusahaan raksasa rupanya tidak sempat menamatkan kuliahnya.





Jan Koum
Akuisisi Facebook senilai USD 19 miliar terhadap WhatsApp membawa berkah bagi pendirinya. Saat proses akuisisi rampung, kekayaan Jan Koum diperkirakan bernilai USD 6,8 miliar dengan memegang sekitar 45% saham di perusahaannya. Sementara mitranya Brian Acton meraup USD 3 miliar dengan memegang lebih dari 20% saham.
Jan Koum benar benar merangkak dari bawah sebelum sukses dengan WhatsApp. Ia lahir di pedesaan Ukraina, kemudian berimigrasi ke Amerika Serikat. Lulus SMA, Koum diterima di San Jose State University.
Saat kuliah ini, dia diterima menjadi pegawai Yahoo. Suatu ketika, server Yahoo rusak, padahal Koum masih berada di ruang kelas mengikuti perkuliahan. Dia mendadak ditelepon oleh David Filo, salah satu pendiri Yahoo yang meminta tolong.
"Apa yang kau lakukan di kelas? Cepatlah pergi ke kantor," perintah Filo. Saat itu, tim teknisi Yahoo sedikit sehingga semua orang dikerahkan. Koum menyanggupi permintaan Filo. Setelah kejadian itu, dia memutuskan drop out dan fokus bekerja. "Lagipula aku memang benci bersekolah," katanya.

Michael Dell
Tahun 1984, Michael Dell remaja yang baru berusia 19 tahun memutuskan keluar dari University of Texas. Dia nekat mendirikan perusahaan komputer bernama PCs Limited dengan modal awal hanya USD 1.000. Dell yakin perusahaannya akan menjadi besar.
Bisnis PCs Limited terbukti makin berkembang. Perusahaan tersebut adalah cikal bakal Dell yang kini adalah salah satu vendor komputer paling terkemuka di dunia. Pada tahun 1985, PC'S Limited menciptakan komputer pertamanya yang dinamakan Turbo PC dan dijual senilai USD 795.
PC'S Limited mengiklankan Turbo PC di berbagai media dan menjualnya secara langsung pada konsumen. Konsumen pun bisa memilih berbagai opsi hardware di komputer yang dibeli. Perusahaan Michael itu mencapai sukses besar dan meraup pendapatan sampai USD 73 juta pada tahun pertama operasionalnya.
Pada tahun 1988, PC'S Limited berubah namanya menjadi Dell Computer Corporation dan mulai berekspansi secara global. Michael pun menapak pada masa kejayaannya sebagai pebisnis komputer ulung. Michael Dell saat ini punya kekayaan sebesar USD 15,3 miliar.

Mark Zuckerberg
Kisah drop out Mark Zuckerberg barangkali adalah salah satu yang paling sering diceritakan di dunia teknologi, bahkan difilmkan Hollywood dengan judul Social Network. Masuk universitas bergengsi Harvard, ia keluar pada tahun 2004 untuk mengembangkan Facebook. Kini, ia punya harta total USD 31,6 miliar.
Awal mulanya, Zuckerberg meluncurkan Thefacebook.com dari kamar asramanya di Harvard, pada bulan Februari 2004. Ia menciptakannya bersama Dustin Mozkovitz, Chris Hughes, dan Eduardo Saverin.
Zuckerberg memutuskan drop out dari Harvard di bulan Mei 2004 untuk fokus mengembangkan Facebook di Silicon Valley, wilayah pusat teknologi di Amerika Serikat. Dia menerima pendanaan besar pertamanya sebanyak USD 500 ribu dari pendiri PayPal, Peter Thiel.
Perjudiannya tersebut tidaklah sia-sia. Facebook kini menjelma menjadi situs jejaring sosial terbesar di dunia dan telah masuk ke bursa saham di Amerika Serikat. Asetnya yang besar memungkinkan Facebook mengakuisisi WhatsApp baru baru ini senilai USD 19 miliar.

Paul Allen
Paul Allen tercatat drop out dari kampus Washington State University. Bersama Bill Gates, pria berkacamata ini kemudian mendirikan Microsoft pada tahun 1975.
Microsoft, seperti diketahui, kemudian sukses besar sehingga membuat Paul kaya raya. Paul Allen memang sudah tidak aktif lagi di Microsoft, namun tetap memperhatikan perkembangannya.
Kekayaan Allen tercatat mencapai USD 15 miliar. Saat ini, dia menjalankan berbagai bisnis dan memiliki beberapa klub olaharaga, seperti Portland Trail Blazers di NBA.
Dia adalah pendiri dan chairman Vulcan Inc yang mengendalikan beragam bisnis miliknya serta berbagai upaya kemanusiaan. Ya, seperti Bill Gates, Allen dikenal sebagai dermawan.

Bill Gates
Bill Gates barangkali adalah pria drop out paling terkenal di dunia. Setelah drop out, ia mendiirkan Microsoft bersama Paul Allen, perusahaan yang membuatnya berulangkali dinobatkan sebagai sosok terkaya di planet bumi.
Gates yang saat ini kekayaannya USD 76,8 miliar tercatat masuk kuliah di Harvard University pada tahun 1973 sebelum keluar. Ia akhirnya memperoleh gelar sarjana kehormatan dari Harvard di tahun 2007.
"Sungguh sebuah keputusan yang berat dan saya tahu orang tua juga mengkhawatirkannya. Dan meskipun saya tidak akan pernah mendorong orang lain untuk drop out sekolah, bagi saya pilihan tersebut memang tepat," ucap Bill Gates suatu ketika.
Kini, Bill Gates tidak begitu aktif lagi dalam operasional bisnis Microsoft. Ia sibuk di yayasan kemanusiaannya yang termasuk terbesar di dunia, Bill & Melinda Gates Foundation.

Steve Jobs
Steve Jobs yang diadopsi orang lain sejak kecil ini masuk kuliah di Reed College di Portland, Oregon. Namun dia memutuskan keluar setelah baru 6 bulan kuliah.
Jobs merasa tidak cocok dan tidak mau menghamburkan uang orang tua untuk ongkos kuliah. Ia kemudian memilih mendirikan Apple bersama sahabatnya Steve Wozniak. Apple akhirnya menjadi salah satu perusahaan teknologi tersukses di dunia.
"Aku secara naif memilih universitas yang ongkosnya hampir semahal Stanford dan semua tabungan orang tua dihabiskan untuk biayanya. Setelah 6 bulan, aku tak bisa melihat manfaatnya," kata Jobs dalam pidato upacara wisuda di Stanford University tahun 2005.
Steve Jobs meninggal dunia di tahun 2011. Istrinya, Laurenne Powell, mewarisi kekayaan yang melimpah darinya, yang saat ini bernilai USD 11,7 miliar.

Larry Ellison
Larry Ellison drop out dari University of Illinois. Ia kemudian mencoba kuliah lagi di University of Chicago. Namun lagi-lagi, dia merasa tidak betah dan keluar setelah menempuh hanya satu semester.
Pada tahun 1977, dia mendirikan perusahaan bernama Sofwater Development Laboratories yang kemudian berubah nama menjadi Oracle. Oracle saat ini adalah salah satu perusahaan software paling terkenal.
Ellison pun menjadi kaya raya dan konsisten menempati posisi teratas orang paling berharta di dunia. Kekayaan terakhirnya di kisaran USD 41 miliar. Dia bahkan baru saja membeli sebuah pulau di Hawaii.
Ellison memang dikenal punya gaya hidup mewah. Dia juga memegang lisensi pilot dan suka olahraga berlayar dengan kapalnya yang sangat bagus.

David Karp
David Karp adalah pendiri Tumblr, website mikroblogging dan jejaring sosial yang cukup terkenal. Di usianya yang saat ini masih 27 tahun, dia sudah mengumpulkan kekayaan sekitar USD 200 juta.
Pada usia 15 tahun, Karp drop out dari sekolah menengah dan pindah ke Tokyo untuk bekerja sebagai konsultan software. pada tahun 2007, baru ia mendirikan Tumblr yang ternyata sukses besar.
Kesuksesan Tumblr membuat Yahoo kepincut ingin mengakuisisinya. Pada Mei 2013, Yahoo resmi membeli Tumblr senilai USD 1,1 miliar, membuat Tumblr menjadi salah satu start up teknologi paling berharga.
Meski sudah kaya raya, David Karp tampaknya masih ingin mempertahankan gaya hidup sederhana saja. Dia masih tinggal di apartemen satu kamarnya bersama sang pacar yang cantik, Rachel Eakley.

Jack Dorsey
Kejayaan situs mikroblogging Twitter saat ini tidak bisa dilepaskan dari tangan dingin salah satu pendirinya, Jack Dorsey. Ia mendirikan Twitter di tahun 2008 bersama beberapa rekan dan kini menempati posisi sebagai chairman.
Jack Dorsey memang sempat masuk kuliah di Missouri University of Science and Technology, kemudian pindah ke New York University. Namun sayangnya tidak sampai selesai.
Jerih payahnya mendirikan Twitter yang juga dibarengi keluar kuliah membuahkan hasil. Dorsey kini kaya raya dengan harta diperkirakan mencapai USD 1,1 miliar.
Pertengahan tahun 2012, Dorsey membeli sebuah rumah sangat mewah yang berlokasi di teluk San Francisco. Kabarnya, rumah itu seharga USD 9,9 juta atau sekitar Rp 90 miliar.

No comments:

Post a Comment