Thursday, September 20, 2012

9 Minuman Khas Indonesia

Minuman Khas Indonesia Di setiap daerah pasti memiliki ciri khas yang berbeda-beda. Mulai dari kesenian dan budaya, bentuk bangunan, pakaian, makanan, minuman dan masih banyak ciri khas dari tiap daerah. Di Indonesia (Jawa lebih tepatnya) memiliki beberapa minuman khas. Ini dia beberapa minuman yang asli berasal dari Indonesia.








Bajigur
Minuman khas masyarakat Sunda dari daerah Jawa Barat, Indonesia. Bahan utamanya adalah gula aren, dan santan. Untuk menambah kenikmatan dicampur sedikit jahe, garam dan bubuk vanili. Bajigur paling cocok diminum pada saat cuaca dingin dan basah sehabis hujan. Makanan yang sering dihidangkan bersama bajigur adalah pisang rebus, ubi rebus, atau kacang rebus.










Es Cendol / Es Dawet
Cendol merupakan minuman khas Indonesia yang terbuat dari tepung beras, disajikan dengan es parut serta gula merah cair dan santan. Rasa minuman ini manis dan gurih. Di daerah Sunda minuman ini dikenal dengan nama cendol sedangkan di Jawa Tengah dikenal dengan nama es dawet. Berkembang kepercayaan populer dalam masyarakat Indonesia bahwa istilah "cendol" mungkin sekali berasal dari kata "jendol", yang ditemukan dalam bahasa Sunda, Jawa dan Indonesia. Hal ini merujuk sensasi jendolan yang dirasakan ketika butiran cendol melalui mulut kala tengah meminum es cendol.

Es Teler
Es Teler adalah minuman es berisi potongan buah, kelapa muda, nangka matang, dan santan kelapa encer dengan pemanis berupa susu kental manis dan sirup. Es yang dipakai bisa berupa es serut atau es batu Variasi lain es teler berisi cincau, kolang-kaling, dan pacar cina, potongan buah apel, pepaya, sawo, melon, roti, dan agar-agar, hingga es teler menjadi sulit dibedakan dengan es campur.





Bir Pletok
Bir Pletok adalah salah satu minuman khas dari Betawi. Bir Pletok ini terbuat dari tumbuh tumbuhan rempah-rempah. Bir pletok ini tidak mengandung alkohol, justru menyegarkan dan menghangatkan badan. Selain itu bisa dijadikan pelepas dahaga bila dengan di tambah batu es. Bahan utama Bir Pletok adalah jahe ditambah kapulaga, sereh, kayu manis, kayu secang buat warna merahnya, dan gula. Untuk menghasilkan Bir Pletok yang mantap di perlukan jahe gajah yang sudah tua.









Lahang
Lahang merupakan minuman khas Indonesia yang terbuat dari nira, rasa manis dan segar adalah ciri dari minuman ini. Lahang diperoleh dari sadapan pohon aren. Yang disadap adalah bunga jantannya. Cara menyadapnya pun tidak sembarangan. Para petani biasanya akan berangkat lebih awal untuk menyadap aren agar kesegarannya terjaga. Konon pada kondisi tertentu air dari bungan jantan pohon aren ini bila terlambat menyadap akan berubah menjadi cuka atau tuak. Dan pohon dari bunga yang akan disadap akan sangat baik bila sudah berusia 5 tahun. Minuman ini biasanya disajikan sebagai pencuci mulut atau sebagai makanan selingan. Biasanya disajikan disiang hari dalam keadaan dingin.

Es Doger
Awalnya es doger ini hanya berupa es dengan warna merah muda dan taburan serutan kelapa muda. Namun sekarang es doger divariasi dengan ditambahkan tape singkong, ketan hitam, pacar cina warna merah muda, ada pula yang menambahkan alpukat seta potongan roti. Es yang sangat populer di wilayah Jakarta ini banyak dijadikan sebagai minuman pelepas dahaga. Es doger juga sering menjadi salah satu menu minuman untuk acara hajatan seperti pesta pernikahan dan sebagainya.


Es Selendang Mayang
Minuman dari daerah Jakarta ini berasal dari resep turun temurun leluhur mereka. Bahan utama minuman ini adalah sagu yg di buat seperti agar-agar. Biasanya berwarna merah, hijau, putih, dipadukan dengan warna lain. Sagu yg sudah dipotong-potong disajikan dengan sirup gula merah, kuah santan, dan potongan / serutan es batu.







Es Oyen
Es Oyen adalah minuman yang berasal dari daerah Jawa Timur, tepatnya di Sidoarjo, Surabaya dan sekitarnya. Tapi konon es oyen ini berasal dari Bandung, Jawa Barat. Minuman ini sebenarnya adalah es campur yang di dalamnya terdapat beberapa jenis buah-buahan seperti, alpukat, nangka, mangga, serta kelapa muda dan di campur dengan air santan serta susu kental manis.






Sekoteng
Minuman yang berasal dari Jawa Tengah ini merupakan minuman berbahan dasar jahe. Bahan lain yang disertakan dalam sekoteng adalah kacang hijau, kacang tanah, pacar cina dan potongan roti. Sekoteng biasanya disajikan dalam keadaan panas dan lebih nikmat ketika minum sekoteng dalam keadaan cuaca dingin.

No comments:

Post a Comment