Thursday, October 4, 2012

7 Anjing Paling Berbahaya


Anjing adalah mamalia yang telah mengalami domestikasi dari serigala sejak 15.000 tahun yang lalu atau mungkin sudah sejak 100.000 tahun yang lalu berdasarkan bukti genetik berupa penemuan fosil dan tes DNA. Penelitian lain mengungkap sejarah domestikasi anjing yang belum begitu lama. Anjing telah berkembang menjadi ratusan ras dengan berbagai macam variasi, mulai dari anjing tinggi badan beberapa puluh cm seperti Chihuahua hingga Irish Wolfhound yang tingginya lebih dari satu meter. Warna rambut anjing bisa beraneka ragam, mulai dari putih sampai hitam, juga merah, abu-abu (sering disebut "biru"), dan coklat. Selain itu, anjing memiliki berbagai jenis rambut, mulai dari yang sangat pendek hingga yang panjangnya bisa mencapai beberapa sentimeter. Rambut anjing bisa lurus atau keriting, dan bertekstur kasar hingga lembut seperti benang wol. Namun ada beberapa anjing paling berbahaya, inilah 7 anjing paling berbahaya, dikutip dari berbagai sumber.

1. Pitbull
Pitbull adalah anjing yang sangat kuat, bersemangat dan mempunyai kesetiaan yang tinggi terhadap tuannya. Anjing Pitbull mempunyai tubuh yang berotot, kekar, dan sangat gesit untuk ukuran tubuh sepertinya. Selain itu, ciri lainnya memiliki bulu yang tebal, pendek, mengkilap dengan warna beragam dan umumnya telinga dikupir, meskipun ini adalah opsional. Pitbull juga merupakan anjing tanpa rasa takut yang akan membawa pada lawan manapun. Mereka akan mengunci rahang mereka ke mangsa sampai mati.

2. Rottweiler
Nama Rottweiler diambil dari Rottweil, daerah di Jerman bagian selatan. Anjing ini berperan penting dalam perjalanan beberapa ratus tahun yang lalu. Para pengusaha makmur membawa serta Rottweiler untuk mendampingi mereka dalam perjalanan yang jauh. Saat itu, Rottweiler dipakai untuk membawa kantung uang. Selain itu, pada perjalanan pulang ia menggembalakan kawanan ternak yang dibeli si majikan.

3. German Shepherd
Orang Indonesia mengenal ras ini dengan sebutan "anjing herder". Sangat terkenal sebagai anjing penjaga, namun keunggulannya dalam berbagai bidang membuat German Shepherd Dog banyak digunakan dalam banyak hal: anjing gembala, penjaga, kepolisian, bahkan militer. Film kepolisian yang terkenal dari film ini contohnya adalah Rin Tin Tin, anjing German Shepherd yang main di berbagai judul film dan akhirnya pergi untuk selamanya pada tahun 1932.
Penggunaan anjing gembala Jerman dipelopori oleh seorang kapten kavaleri Jerman bernama Max von Stephanitz. Pada tahun 1899, ia mencoba membiakkan suatu ras anjing unggul dari berbagai campuran anjing-anjing gembala Jerman. Ia menunjukkan bahwa anjing-anjing tersebut dapat berguna dalam melakukan tugas-tugas militer seperti melacak, menjaga, mengirim pesan, bahkan mendeteksi ranjau.

4. Siberian Husky
Sesuai dengan namanya, Siberian Husky berasal dari Siberia. Mereka dibiakkan mulanya oleh orang Chukchi sebagai anjing penarik kereta salju. Setelahnya, ia dibawa bermigrasi ke Alaska pada tahun 1909.
Tidak seperti penampilannya yang tampak garang, Siberian Husky ramah pada manusia, juga pada anjing lainnya sehingga ia kurang cocok untuk dijadikan anjing penjaga. Ras ini senang bermain dan berlari sehingga perlu diawasi di alam bebas. Rambut Siberian Husky mudah rontok, jadi luangkanlah cukup waktu untuk merawat dan membersihkannya.
Salah satu anjing Siberian Husky yang berjasa dalam hidup manusia adalah Balto. Walaupun ada orang yang mengatakan bahwa Balto adalah anjing Alaskan Malamute ataupun keturunan serigala, tanpa adanya Balto yang memimpin sekawanan anjing membawa serum ke kota Nome, banyak penduduk di kota tersebut yang meninggal dunia karena diphtheria.

5. Alaskan Malamute
Kata Malamute berasal dari salah satu suku bangsa Inuit yang bernama Mahlamutt, tinggal di Alaska bagian barat. Suku ini dipercaya sebagai orang-orang yang mengembangkan kemampuan Alaskan Malamute sebagai penarik kereta salju.
Sepupu Siberian Husky dan anjing Eskimo ini memiliki insting untuk memimpin atau dipimpin. Ini berarti ia tidak akan mau diperintah kecuali ia dididik demikian sejak dini, sekitar usia 3-5 bulan.
Kelebihan utama dari seekor Alaskan Malamute adalah tenaganya yang sangat kuat. Tenaga inilah yang hendaknya menjadi kriteria utama dalam menilai keunggulan anjing ras ini.

6. Doberman Pinscher
Doberman Pinscher memperoleh namanya dari sang pembiak, Louis Doberman, seorang warga Jerman. Sekedar catatan, ada sebuah patung perunggu Doberman di sebuah kuburan anjing perang pangkalan angkatan laut Amerika Serikat di Orote Point, Guam.

7. Chow-chow
Chow-Chow diyakini berasal dari Mongolia. Mereka dibawa bermigrasi ke Cina sekitar 2.000 tahun yang lalu. Terjemahan bebas untuk Chow-Chow adalah "anjing yang kuat". Nama ini mungkin ada hubungannya dengan mimik Chow-Chow yang menyerupai singa.
Chow-Chow pernah memasuki lingkungan kerajaan Inggris, saat ia menjadi salah satu hadiah Cina bagi Ratu Victoria di tahun 1865. Setelah beberapa saat ras tersebut mulai mendapat popularitas dan masuk ke jajaran ras-ras anjing pilihan.

No comments:

Post a Comment