Wednesday, June 17, 2015

4 Kota Kreatif di Indonesia untuk Anak Muda

Zaman sekarang, tidak sedikit anak muda kreatif yang gemar traveling. Jika kamu termasuk salah satunya, cobalah mampir ke 4 kota kreatif di Indonesia ini. Selain jalan-jalan, anak muda juga bisa belajar banyak lho. Kota Bandung didapuk sebagai kota kreatif dengan sejumlah inovasi unik yang muncul. Jakarta sebagai ibukota tentunya juga tidak kalah untuk urusan inovasi dan ide menarik yang memikat para traveler. Walau sebenarnya masih banyak kota-kota yang mempunyai kreatifitas masing-masing, namun berikut 4 kota kreatif di Indonesia yang sering dikunjungi anak muda:

1. Bandung

Nama Tanah Parahyangan Bandung terkenal akan alamnya yang hijau, udara yang sejuk, serta gadisnya yang cantik rupawan. Namun satu yang tidak bisa dipungkiri, kreativitas mojang jajaka Bandung memang bisa diacungi jempol.

Setiap minggunya, ada saja acara musik hingga kreatif yang diselenggarakan di Bandung. Salah satu yang paling nampak adalah jajaran kafe, factory outlet, restoran dengan suasana menarik, hingga taman kota kreatif hasil besutan Walikota Ridwan Kamil.


Jangan lupa juga untuk berkeliling Bandung dengan menggunakan Bandung Tour on Bus, atau yang biasa disingkat Bandros. Kamu juga bisa belajar budaya Sunda di Saung Angklung Udjo, atau sekadar ngopi sambil menikmati Bandung di daerah Dago Atas.

Dengan semua atmosfer dan keindahan yang Bandung tawarkan, bukan tidak mungkin kalau traveler akan ketularan kreatif jika liburan di sana.

2. Jakarta

Membicarakan anak muda kreatif, sudah tentu Jakarta merupakan salah satu kota kreatif di Indonesia. Selain berfungsi sebagai ibukota negara, tidak jarang jika berbagai kegiatan seni hingga event berkelas internasional digelar di Jakarta.

Walau masih terdapat banjir hingga macet, nyatanya Jakarta selalu disinggahi traveler, tidak terkecuali anak muda yang kreatif. Contohnya saja seperti Taman Ismail Marzuki, Pasar Santa, hingga sejumlah pusat kebudayaan lingkup nasional hingga internasional yang tersebar di Jakarta.


Lagipula, Jakarta sangat terbuka akan ide segar dan perubahan yang dinamis. Lihat saja dari banyaknya variasi kafe hingga produk unik yang ditawarkan. Kota Jakarta memang kreatif dan tidak pernah kehabisan ide.

3. Solo

Semenjak Presiden Jokowi mengajukan diri menjadi calon Gubernur Jakarta, nama kota Solo yang merupakan tempat kelahirannya pun ikut naik daun. Bukan tanpa alasan, kreativitas kota Solo dan masyarakatnya memang membuat masyarakat luas mengakuinya.

Sebagai kota yang mengusung slogan 'The Spirit of Java,' Solo memang menawarkan banyak hal kreatif yang dapat memanjakan traveler. Salah satu inovasinya yang menjadi inspirasi adalah bus wisata Werkudara, di mana menjadi inspirasi bagi kota lain. Belum lagi kereta uap wisata Jaladara yang masih beroperasi.


Setiap minggunya, Solo hampir selalu punya event wisata budaya. Setiap weekend saja, tidak sedikit masyarakat maupun traveler yang tumpah ruah ke Pasar Malam Ngarsopuro. Adapun kebih ramai anak muda ketimbang orang tua.

Kreativitas Solo pun makin terasa dengan banyaknya jajanan nikmat yang ada. Daerah Gladag di depan PGS pun ramai oleh para pedagang makanan yang buka sampai malam setiap harinya.

4. Yogyakarta

Sebelum Solo, nama Yogyakarta sudah terlebih dulu dikenal sebagai kotanya pelajar muda yang kreatif. Walaupun Yogyakarta dikenal sebagai kota yang tenang, namun jangan remehkan anak muda kreatif yang ada di dalamnya.

Selain masih memegang teguh prinsip Jawa dengan simbol Keraton Nyayogyakarta dan Sultan, tidak sedikit musisi tanah air yang berasal dari sini. Contohnya saja seperti KLa Project, Sheila on 7, seniman Butet Kertaradjasa, dan masih banyak lainnya.


Keberadaan sejumlah universitas seni ternama hingga insan muda kreatif, membuat Kota Yogyakarta memiliki banyak event budaya yang tidak kalah dengan Solo. Sejumlah barang kerajinan kreatif yang dibuat secara manual juga banyak berasal dari sini.

No comments:

Post a Comment