Friday, September 14, 2012

iPhone 5 Bisa Gerogoti Pasar Samsung

Kehadiran iPhone 5 yang hadir dengan sejumlah fitur baru diyakini akan mengembalikan kejayaan pasar smartphone Apple di Indonesia yang sempat digerogoti Samsung dengan Galaxy S III.

"Saat iPhone 4 upgrade ke 4S, di Indonesia pasarnya (Apple) drop. Pengguna samsung semakin banyak. Banyak pengguna iPhone yang pindah ke Samsung dan sebagian kecil ke HTC. Namun sekarang dengan breakthrough di iPhone 5, pengguna yang sempat pindah akan balik ke Apple lagi," ujar pendiri toko gadget online juragangadget.com, Abbi Angkasa Perdana.

Abbi mengilustrasikan pasar smartphone di Indonesia bak piramida terbalik. Pasar iPhone ada di segmen paling atas, dan Nokia ada di urutan terbawah. "Nah, Samsung ini di tengah-tengah. Dia bisa makan atas sekaligus bawah. Pas iPhone 4 ke 4S ini Samsung makan banyak," ujarnya.

Berdasarkan data penjualan yang dikantonginya, Android memang lebih tinggi penjualannya saat inovasi Apple di iPhone mandek. Kehadiran fitur Siri di iPhone 4S diakuinya tak mampu membuat pasar terkesan dan condong beralih ke ponsel berbasis Android terbaru.

"Makin lama Android jadi OS setiap orang, akhirnya yang punya Samsung jadi gak punya kelas lagi. Tapi sekarang, pengguna lama akan balik karena breaktrough di iPhone 5. Tampilannya mengesankan, pakai bahan fine finished seperti jam mahal. Nggak main-main di penampilan. Lumayan menyulitkan pengusaha imitasi untuk menirunya," papar pengusaha muda ini.

No comments:

Post a Comment