Wednesday, September 26, 2012

5 Musisi yang Sembunyikan Identitasnya


Selain membuat karya, mungkin sebagian orang berambisi menjadi musisi agar dikenal di seluruh dunia. Namun ada juga para musisi yang justru menyembunyikan identitas asli mereka. Berikut ini beberapa musisi yang menyembunyikan identitas asli mereka.

1. Daft Punk
Thomas Bangalter dan Guy-Manuel de Homem-Christo tampil sebagai duo dengan aliran musik elektronik. Dalam setiap penampilannya, mereka muncul dengan gaya robot.
Daft Punk memilih untuk menyembunyikan identitasnya dalam upaya untuk menghindari kehidupan pribadi yang dijadikan konsumsi publik. Mereka juga ingin menjaga perhatiannya terfokus pada musik.
“Kami tidak memilih menjadi robot, tapi karena kecelakaan yang terjadi di studio kami. Kami menjadi robot,” ungkap Thomas. Daft Punk memulai memakai kostum tersebut pada 9 September 1999.

2. Deadmau5
Bernama aslikan Joel Thomas Zimmerman, ia adalah seorang DJ. Joel selalu memakai topeng bentuk tikus berwarna merah dengan senyumnya yang memesona. Inspirasi berasal saat ia melihat tikus mati di hari pertamanya memiliki komputer pribadi.
Alasannya menggunakan kostum tikus tersebut karena Deadmau5 tidak suka disebut seorang DJ. Dia merasa bahwa istilah itu sangat kuno dan deskripsi yang tidak tepat untuk musik yang ia bawakan.

3. Kiss
Band rock legendaris asal Amerika itu memiliki 4 personel yaitu Paul Stanley, Gene Simmons, Ace Frehley, dan Peter Criss. Mereka menutupi wajahnya dengan make-up yang tebal dengan karakter yang berbeda.
Inspirasi make-up dari para personil masing-masing, seperti The Starchild adalah kekasih yang romantis dan suka melamun tanpa harapan. The Demon bersifat sinis dengan rasa humor yang gelap. The Space Ace adalah referensi tentang cinta fiksi ilmiahnya sang gitaris, Frehley, serta The Catman yang terinspirasi oleh fakta bahwa Peter merasa dia memiliki sembilan nyawa karena lingkungannya di Brooklyn, tempat ia dibesarkan.
Alasan Kiss menyembunyikan identitasnya itu saat mulai bereksperimen dengan make-up dan kostum di awal karier mereka. Setelah itu mereka terinspirasi oleh band-band teatrikal seperti New York Dolls dan Alice Cooper.

4. Gorillaz
Band itu terkenal dengan ikon kartunnya. Hanya ada dua personel dalam grup musik bergenre rock itu yaitu Damon Albarn dan Jamie Hewlett. Menariknya tokoh kartun yang dibuat mereka berjumlah 4 yaitu Murdoc Nicalls, 2D, Noodle, dan Russel Hobbs. Keempat karakter kartun tersebut selalu muncul dalam video musik mereka.
Alasan mereka tidak menampilkan dirinya di setiap video klip karena Damon dan Jamie menilai kurangnya bahan kartun atau virtual pada jaringan musik televisi. Itu terjadi saat mereka menonton MTV. Semua karakter kartun tersebut dibuat langsung oleh Jamie dan dinilai sangat konyol sehingga mereka mendapatkan titel sebagai Band Virtual Terbaik di Guiness Book Of Records.

5. Slipknot
Band beraliran nu-metal itu muncul di tahun 1995. Gaya berpakaian mereka agak semrawut dengan topeng seram yang menutupi wajah aslinya. Karakter #0 - #8 ialah ciri mereka yang memang beranggotakan 8 personel.
Ide asli untuk memakai masker terinspirasi oleh topeng badut yang sering Crahan bawa saat latihan. Sampai akhirnya mereka memutuskan untuk mengambil konsep lebih lanjut dengan memakai jumpsuits yang cocok selama pertunjukan mereka. Dalam jumpsuits juga tertulis nomor itu dimaksudkan sebagai komentar atas komersialisasi dari bisnis musik.
Alasan Slipknot untuk menyembunyikan identitas sama seperti Daft Punk. Atribut penggunaan masker khas Slipknot sebagai cara untuk mengalihkan perhatian dari diri ke musik.
“Ya, kostum menakutkan adalah cara ampuh untuk menjadi mencolok. Begitu cara kami menjadi lebih akrab dengan musik,” tegas sang vokalis Corey Taylor pada NY Rock.

No comments:

Post a Comment