Wednesday, September 26, 2012

5 Jagoan Windows Phone 8


Harapan tinggi disematkan Microsoft pada Windows Phone 8, sistem operasi ponsel terbarunya. Apalagi kalau bukan untuk mengusik hegemoni Android dan iPhone.
Beberapa vendor ponsel besar pun telah menyatakan dukungannya terhadap platform Windows Phone 8. Tidak sekadar berbicara, mereka telah memperkenalkan produk jagoan masing-masing.
Berminat dengan Windows Phone 8 atau sekadar ingin tahu mengenai jenis ponsel yang mengusung platform ini? Berikut gelombang pertama handset Windows Phone 8 yang telah diperkenalkan beberapa vendor besar.

1. Samsung Ativ S
Samsung menjadi vendor pertama yang menghadirkan ponsel Windows Phone 8. Namanya adalah Ativ S yang muncul pada pameran teknologi IFA di Jerman bulan Agustus lalu.
Ditunjang prosesor dual core 1,5GHz dan RAM 1GB, agaknya performanya bakal lumayan. Spesifikasi lainnya meliputi layar 4.8-inch HD Super AMOLED, kamera 8 megapixel auto focus dengan LED Flash dan kamera depan 1,9 megapixel.
Akan ditawarkan 2 pilihan storage 16/32GB. Masih ada juga slot kartu memori sampai kapasitas 32GB.
Menurut Samsung, bahan pembuatan Ativ S adalah dari metal sehingga menampakkan kesan premium.  Dengan tambahan huruf S, agaknya Samsung ingin seri Ativ S bisa sesukses Galaxy S yang berjaya di jagat Android.

2. Nokia Lumia 920
Tak lama sesudah Samsung merilis Ativ S, Nokia segera menghadang dengan Lumia 920, smartphone flagship terbarunya. Nokia sendiri adalah mitra utama Microsoft sehingga Lumia 920 pun banyak menarik perhatian.
Lumia 920 punya bentang layar 4,5 inch PureMotion HD resolusi 1280 x 768 yang menjanjikan tampilan gambar nan cemerlang. Layar sentuhnya diklaim sensitif sehingga bisa dioperasikan meskipun pengguna memakai sarung tangan.
Spesifikasi lain meliputi prosesor dual core 1,5 GHz Snapdragon, RAM 1GB, kamera 8 megapixel dengan teknologi PureView serta storage internal 32GB. Sayangnya, tidak disediakan slot kartu memori.
Tidak cukup sampai di situ, Lumia 920 membawa teknologi menarik berupa wireless charging. Jadi, pengguna bisa mengisi ulang baterai tanpa perlu menggunakan kabel, namun dengan aksesoris khusus yang disediakan.

3. Nokia Lumia 820
Bersamaan dengan pengumuman Lumia 920, Nokia juga memamerkan Lumia 810. Smartphone yang satu ini ditujukan untuk pasar kelas menengah.
Handset ini memiliki layar 4,3 inch ClearBack OLED WVGA dengan reolusi 800 x 480. Spesifikasi kuncinya antara lain baterai 1650 mAh, kamera 8 megapixel, dan memori internal 8GB.
Di bidang dapur pacu pun cukup mumpuni. Terlihat dengan disertakannya prosesor dual core Qualcomm 1,5 GHz dan RAM 1GB. Lumia 820 juga mendukung wireless charging.
Sayangnya, Nokia belum mengumumkan harga resmi maupun kapan tepatnya ketersediaan Lumia 920 dan 820 di pasaran. Kemungkinan besar menjelang akhir tahun ini.

4. HTC 8X
HTC tak mau kalah dengan Nokia dan Samsung. Sebagai ponsel Windows Phone 8 jagoan, mereka memperkenalkan 8X.
Smartphone ini juga mengusung tren layar lebar dengan luas 4,3 inch Super LCD resolusi definisi tinggi 1280x720 dan kepadatan pixel 342 ppi. Desainnya juga cukup memukau dengan bahan polycarbonate.
Soal jeroan juga tidak kalah gahar dibanding para pesaing. Dengan prosesor dual core 1,5 GHz, RAM 1GB dan memori internal 16GB. Adapun kameranya beresolusi 8 megapixel dan di sektor suara dibekali teknologi Beats Audio.
8X menyandang pula konektivitas 4G LTE. Sayangnya, HTC 8X tidak punya slot microSD yang mungkin sedikit merepotkan bagi mereka yang banyak menyimpan data di handsetnya.

5. HTC 8S
Di kelas smartphone mid end, HTC merilis 8S. Spesifikasinya sedikit lebih rendah dibandingkan 8X.
8S mempunyai bentang layar 4 inch resolusi 480x800. Prosesornya 1GHz dual core, kamera 5 megapixel, memori internal 4GB dan RAM 512MB. Handset ini juga punya slot kartu memori.
Soal desainnya, HTC tampak tidak main-main. Penampilan 8S boleh dibilang elegan dan dibuat dengan bahan polycarbonate.
Baik HTC 8X dan 8S rencananya akan dipasarkan sekitar bulan November 2012 di berbagai belahan dunia.

No comments:

Post a Comment