Thursday, December 6, 2012

8 Jurus Berhemat Selama Liburan


Menyiasati pengeluaran adalah salah satu cara mewujudkan liburan hemat. Hindari menuruti semua keinginan agar bujet tidak membengkak.
Membawa makanan sendiri atau mendatangi wisata-wisata murah meriah jadi beberapa trik menjalankan liburan hemat. Inilah 8 cara berhemat saat liburan.

1. Perbanyak infomasi mengenai destinasi murah meriah
Ingin menikmati beragam destinasi di kota tujuan liburan bukan berarti membuat kantong kita harus bolong. Beberapa destinasi eksotis dan indah bahkan bisa dinikmati tanpa harus masuk ke dalam area wisata. Perbanyak informasi mengenai objek wisata yang murah meriah atau bahkan yang gratis.
Cari di beberapa referensi seperti buku dan majalah wisata, situs travel, salah satunya detikTravel serta forum-forum liburan. Setelah menemukan objek yang cocok dengan pilihan kita, kini tinggal waktunya memikirkan penghematan yang lain.

2. Bawa bekal dari rumah
Kadang, makanan malah jadi sumber utama membengkaknya dana liburan. Daripada kehabisan uang di acara makan, ada baiknya kita membawa bekal dari rumah. Bawalah makanan yang sekiranya bisa awet selama 3 hari hingga sebulan.
Seperti contoh, kita bisa membawa abon, rendang kering, kering tempe dan kacang atau sejenisnya. Ini berguna untuk menjadi lauk yang bisa menambah tenaga kita. Jadi, kita tinggal membeli nasi putih untuk menjadi teman bekal lauk kita. Namun perhatikan juga, jangan sampai bekal kita basi atau terbuang percuma.

3. Selalu bawa serta tempat minum
Dibanding membeli air mineral botolan di luar, ada baiknya kita membawa tempat minum sendiri. Jika perjalanan kita cukup panjang, bawalah botol yang bisa menampung banyak air.
Selain bisa lebih hemat, kita pun bisa lebih sehat membawa air minum sendiri. Tapi, jangan sampai botol minum kita ketinggalan, ya!

4. Hindari belanja di tempat wisata
Tempat wisata identik dengan toko oleh-oleh. Jika kita wanita, pasti akan sulit sekali menahan godaan untuk belanja. Namun demi berhemat, buang jauh-jauh keinginan untuk belanja, terlebih di tempat wisata.
Di sana, biasanya harga yang ditawarkan cukup mahal. Jika ingin belanja untuk oleh-oleh, kita bisa datang ke pasar setempat dan siap-siap untuk menawar dengan harga termurah.

5. Perbanyak jalan kaki
Jika tujuan kita dirasa tidak terlalu jauh, sebaiknya berjalan kaki saja. Hitung-hitung menikmati destinasi wisata yang sedang kita kunjungi. Karena meski hanya mengeluarkan Rp 1.000-Rp 2.000, kalau sering, akan tetap terasa juga.
Jalan kaki sambil memandang panorama sekitar atau bercengkrama dengan orang yang kebetulan berpapasan bisa jadi penghilang lelah. Atau, kita juga bisa jalan sambil mendengarkan lagu kesukaan. Dijamin lupa lelah!

6. Pilih transportasi umum
Dibanding naik taksi, ojek atau becak, lebih baik gunakan transportasi umum. Ini tentu bisa menekan pengeluaran kita. Meski memang, perjalanan kita akan sedikit jauh atau memutar. Tapi namanya juga berhemat, harus ada yang dikorbankan.
Saat menggunakan transportasi umum, jangan lupa untuk menghafal nama, nomor dan tujuan angkutan tersebut ya. Jangan sampai kita nyasar dan malah mengeluarkan uang lebih banyak.

7. Berkelompok lebih murah
Wisata berkelompok kadang lebih murah dibanding liburan sendiri. Seperti contoh, jika ingin menyewa mobil, harga akan jauh lebih murah jika disewa oleh banyak orang.
Begitu juga dengan makan. Harga makanan bisa lebih murah jika makan bersama. Berbagi makanan juga membuat kita bisa mencicip banyak jenis menu tanpa harus membayar semuanya.

8. Menginap di tempat teman atau saudara
Jika tak masalah, kita bisa juga menginap di tempat teman atau saudara. Ini tentu bisa menekan pengeluaran cukup banyak. Bayangkan uang penginapan bisa dialokasikan ke bagian lain jika kita bisa mendapat tempat bermalam gratis.
Namun ada yang harus diingat, pastikan ada timbal balik. Teman atau saudara sudah berbaik hati memberikan tempat menginap, ada baiknya kita memberi sedikit buah tangan atau cinderamata untuk sang tuan rumah.

No comments:

Post a Comment