Wednesday, October 31, 2012

Tips Aman Dan Nyaman Tidur Di Dalam Bis

Tak sedikit traveler yang tertidur di dalam bus saat perjalanan. Hal tersebut bertujuan untuk melepas rasa lelah. Sebelum memejamkan mata, baca dulu 6 tips berikut agar tidur kita aman dan nyaman.
Mungkin, kita adalah salah satu traveler yang gemar tidur di bus saat traveling. Meski bangku di dalam bus tidak terlalu empuk, namun itu tak dapat menghalangi niat kita untuk memejamkan mata dan tertidur. Rasa lelah pun seolah hilang seketika. Akan tetapi, faktor keamanan dan kenyamanan saat kita tidur harus diperhatikan. Berikut 6 tips aman dan nyaman tidur di bus saat traveling:

1. Jangan duduk di dekat pintu
Ingin tidur kita nyaman? Usahakan jangan duduk di dekat pintu. Sebabnya, banyak penumpang berlalu lalang saat bus berhenti di terminal atau tempat pemberhentian tertentu. Tak hanya penumpang, ada juga penjaja makanan dan minuman yang masuk ke dalam bus dan menawarkan dagangan mereka. Hal ini tentu sangat menganggu kita.
Untuk itu, pilihlah kursi yang tidak berdekatan dengan pintu bus. Alangkah baiknya jika kita duduk di dekat jendela, sehingga tidak tersenggol oleh penumpang lainnya saat keluar. Nyaman bukan?

2. Jauhi smoking room dan toilet
Jika kita menggunakan bus yang ada smoking room dan toilet, maka jauhilah dua tempat tersebut saat hendak tidur. Hal ini sangat penting untuk kenyamanan kita.
Hindari smoking room jika kita tidak suka bau rokok. Selain itu, duduk di tempat yang jauh dari toilet akan menghindari kita dari bau-bau tak sedap atau orang lalu lalang ke toilet. Dengan tidur jauh dari toilet dan smoking room, tidur yang nyaman pun akan kita dapatkan.

3. Simpan barang berharga di tempat aman
Sebelum memejamkan mata di bus, cek kembali barang-barang berharga kita. Jika sudah lengkap, masukan semua barang tersebut ke dalam tas. Ingat, tempatkan di bagian tas yang paling aman.
Jangan sesekali meninggalkan barang berharga kita di saku celana atau jaket, apalagi tidur sambil menggengam ponsel. Tentu, kita tidak mau barang berharga kita berpindah tangan bukan?

4. Tidurlah sambil memeluk tas
Setelah barang-barang berharga dimasukan ke dalam tas, kini saatnya tidur. Tunggu dulu, jangan meletakan tas kita yang penuh barang berharga di bawah jok, di rak atas tempat duduk kita, dan di bangku sebelah kita walaupun kosong.
Peluklah tas kita tersebut. Jaga dengan benar tas kita di dalam pelukan. Hal ini akan meminimalisir tindak kejahatan kepada kita. Kita pun merasa lebih aman saat tertidur sambil memeluk tas tersebut.

5. Jangan makan dan minum berlebihan sebelum tidur
Ini menjadi hal penting kepada traveler sebelum tidur di dalam bus, yaitu jangan makan dan minum berlebihan sebelumnya. Mengapa? Dengan makan dan minum terlalu banyak, kita dipastikan akan bolak-balik ke kamar mandi atau pun menahan buang air.
Kenyamanan kita pun menjadi terganggu. Beruntunglah jika kita berada di dalam bus yang mempunyai toilet. Jika tidak, harus tahan sampai pemberhentian berikutnya ya!

6. Awas! Jangan sampai bablas
Walau bangku bus tidak nyaman, pasti kita akan tidur terlelap juga. Memang, tidur di bus cocok untuk menghilangkan rasa lelah selama perjalanan. Eits, tapi jangan sampai kita keasyikan tidur di dalam bus sampai tempat tujuan kita terlewatkan. Kalau sampai bablas, waktu dan uang pun akan terkuras karena kita harus naik kendaraan lagi menuju tempat tujuan semula.

Oleh sebab itu, ada baiknya kita mengatur waktu supaya tidak kebablasan. Pasang alarm di ponsel kita, cukup dengan mengaktifkan getarnya saja. Jangan memakai nada dering yang kencang karena akan menganggu penumpang lainnya. Selain itu, kita juga bisa minta dibangunkan oleh kenek atau teman perjalanan di sebelah kita. Pokoknya jangan sampai kebablasan!

No comments:

Post a Comment