Facebook boleh saja dianggap sebagai jejaring sosial terbesar saat ini. Namun bukan berarti situs media sosial lainnya tak bertaji, salah satunya Twitter. Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets). Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut ("follower").
Semua pengguna dapat mengirim dan menerima kicauan melalui situs Twitter, aplikasi eksternal yang kompatibel (telepon seluler), atau dengan pesan singkat (SMS) yang tersedia di negara-negara tertentu.
Pengguna internet dirasa harus memanfaatkan situs 140 karakter ini.
Menurut pengamat media sosial Jeff Bullas, penggunaan Twitter bukan cuma sekadar sebagai media untuk bebas berkicau. Namun bisa pula dimanfaatkan untuk kepentingan mengangkat pamor personal ataupun perusahaan. Berikut 10 alasan kenapa kita harus main Twitter:
1. Komunitas
Di Twitter, kita dapat menemukan banyak komunitas yang bisa sharing informasi secara real time. Mulai dari yang membicarakan teknologi, olahraga, kesehatan, cinta, dan masih banyak lagi.
Jika kita dari sisi perusahaan, tentu juga bisa membangun komunitas terkait produk yang kita geluti via Twitter.
2. Mengarahkan Trafik ke Blog/Situs
Twitter juga bisa dioptimalkan sebagai alat pemancing. Jika kita memiliki blog atau situs pribadi/perusahaan, maka dapat memanfaatkan Twitter sebagai medium untuk menarik pengunjung.
Caranya mudah, posting saja hal-hal menarik yang memancing rasa penasaran banyak orang. Setelah itu, jika ingin informasi yang lebih detail, berikan link untuk diakses follower kita. Tentu saja link tersebut mengarah pada blog atau situs yang dimaksud.
3. Informasi Real Time
Informasi menyebar dengan sangat cepat di Twitter. Kicauan yang lalu-lalang begitu cepat dipantulkan balik oleh para tweeps. Fenomena inilah yang membuat Twitter dapat menjadi media untuk memberikan informasi terupdate secara real time.
Contoh sederhananya, misalkan ada kecelakaan di tol dalam kota. Pengguna jalan tol yang memiliki akun Twitter biasanya akan melontarkan unek-unek mereka atau memang ingin sharing info di situs mikroblogging ini.
Lantaran ini termasuk informasi penting, terutama bagi penduduk Jakarta, maka ia akan cepat menyebar. Kata bekennya banyak diretweet, hingga akhirnya sampai ke timeline kita.
4. Membuka Jaringan
Pengguna Twitter berasal dari latar belakang berbeda. Dan bukan tidak mungkin mereka yang penting bagi karir atau terkait aktivitas perusahaan, bisa kita temui dengan mudah di Twitter. Selanjutnya bisa ditebak, jaringan bisa mulai dirajut di sini.
5. Sebarkan Idemu
Punya pemikiran brilian? Jangan cuma disimpan di dalam hati. Bisa juga dilontarkan melalui tweet. Jika menarik pasti banyak yang meretweet. Bila disampaikan dengan bahasa global, tentu tweet kita pun bisa mendunia.
6. Menggaet Audiens Global
Jika berbicara internet tentu kita tak lagi bisa berpikir lokal. Begitu pula di Twitter, net citizen global dapat berinteraksi dengan mudah. Kondisi ini tentu bisa dimanfaatkan oleh perusahaan yang ingin menggaet pelanggan global.
7. Membangun Personal Brand
Twitter menyediakan tempat bagi kita untuk sharing foto, link ke website atau blog, serta ruangan untuk menelurkan ide-ide. Fasilitas ini setidaknya bisa menjadi awal mula bagi untuk menciptakan personal brand sendiri di dunia digital.
8. Layanan Customer Service
Ingin lebih dekat dengan pelanggan? Bikinlah akun Twitter, tapi jangan pakai nama akun personal. Buatlah yang khusus untuk menjadi layanan customer service perusahaan.
Tapi ingat, jangan pula bergaya bak robot yang cuma menjejali follower dengan jualan produk. Sebab bisa-bisa dianggap spam alias jadi sumber 'pesan sampah'.
9. Menyampaikan Unek-unek
Tentu saja Twitter tak selalu digunakan untuk keperluan serius. Melontarkan unek-unek atau sekadar curhat juga sangat memungkinkan di sini. Asal jangan njeplak, ibarat kosakata Betawi, karena ada etika yang harus diikuti. Think before posting!
10. Tes Reaksi Pasar
Satu lagi fungsi Twitter bagi kalangan perusahaan/pebisnis. Mereka bisa memanfaatkan massa di Twitter untuk melakukan sedikit survei kecil-kecilan.
Misalnya, ada seorang pengusaha pakaian yang ingin membuat produk baru. Sebelum memproduksinya secara massal, kita tentu bisa meminta pendapat dari follower di Twitter terhadap rancangan pakaian yang telah disiapkan. Pasti banyak yang meresponsnya.
No comments:
Post a Comment