Saturday, September 15, 2012

10 Makanan Terfavorit Di Indonesia

Wisata kuliner memang sangat digemari di Indonesia. Wisata kuliner telah menjadi trend tersendiri di Indonesia. Selain menikmati keunikan dan keindahan di suatu objek wisata, wisatawan Indonesia juga tak akan ketinggalan untuk berburu kuliner setempat. Untungnya di Indonesia memiliki  beragam kuliner yang enak dan lezat.

Yang paling populer adalah bakso dan sate. Obama, Presiden USA ke-44 dengan fasih mengucap "bakso" dan "sate" sebagai makanan atau kuliner Indonesia yang biasa ditemuinya sewaktu kecil saat tinggal di Indonesia. Namun, banyak sekali makanan atau kuliner lain asal Indonesia yang tak kalah lezatnya. Apa saja itu?

1. Sambal
Sambal hampir pasti tersedia di tiap meja makan di Indonesia. Pada dasarnya sambal merupakan saus cabe pedas pelengkap makan. Tak lengkap tampaknya bila sebuah hidangan atau masakan yang disajikan tanpa disertai dengan sambal. Jenis sambal bisa beragam, bahkan di Indonesia bisa ditemukan sambal mangga, sambal terasi, sambal jeruk dan sambal terong.

2. Sate
Sate merupakan daging yang berlumur rempah dan dibakar di atas api. Ketika sate dipanggang, asap akan mengepul dan bau aroma akan menyeruak. Itulah yang mengundang orang-orang datang dan ingin mencicipinya. Ukuran sate adalah sebesar telunjuk yang ditusuk dengan lidi atau bambu, biasanya satu tusuk terdiri dari 4 atau 5 irisan daging. Daging yang digunakan bervariasi seperti daging ayam,  daging kambing, daging kelinci dan daging kuda. Untuk menikmatinya, sate dilengkapi dengan saus kacang atau saus kecap.
Dan salah satu yang paling terkenal adalah sate Madura yang penyajiannya dilengkapi dengan ketupat.

3. Bakso
Bakso adalah makanan favorit pelajar dan mahasiswa, merupakan bola-bola daging yang di sajikan dalam kuah dan dilengkapi dengan mie kuning dan mie putih serta kecambah dan daun sawi. Penyajiannya biasa ditemani dengan saos tomat, kecap dan sambal yang dapat ditambahkan ke dalam sepiring bakso sesuai selera penikmatnya.
Bakso sangat sering ditemui di food court, warung-warung kecil pinggir jalan dan juga dijual berkeliling menggunakan gerobak bakso. Hampir di seluruh sudut daerah di Indonesia, bakso bisa ditemui.

4. Soto
Soto adalah makanan tradisional Indonesia yang bentuk dan variasinya sangat beragam sesuai daerah asalnya. Macam-macam soto yang terkenal adalah coto makasar, soto padang, soto banjar, soto betawi dan lain-lain.
Soto yang dijual di warung atau kedai soto biasanya berbahan dasar daging ayam dan daging atau jeroan sapi. Dengan ditaburi bawang goreng dan ditambah perasan jeruk nipis rasanya menjadi lebih nikmat. Dan menjadi maknyus dengan ditambah sambal sesuai selera.

5. Nasi Goreng
Nasi goreng bisa dikatakan sebagai makanan nasional Indonesia. Nasi goreng biasa disajikan di pagi hari untuk sarapan dan di malam hari untuk hidangan makan malam. Kepraktisan dalam pembuatannya membuat nasi goreng sangat populer di Indonesia. Bahan dasarnya adalah nasi yang dibumbui dan digoreng dengan tambahan pelengkap seperti udang, daging ayam dan daging sapi. Penyempurnanya adalah kerupuk sebagai topping.
Banyak variasi dari nasi goreng yang bisa ditemui seperti nasi goreng kampung (digoreng di atas anglo arang), nasi goreng ayam, nasi goreng kambing, nasi goreng ikan asin, nasi goreng babat dll. Bahkan ada versi kontemporernya dimana nasi goreng ini dibakar dengan api tekanan gas guna menurunkan kadar kolestrolnya yang dikenal sebagai nasi goreng bakar.

6. Gado-gado
Gado-gado secara literal memiliki arti kata “campuran”. Salad Indonesia ini memang merupakan campuran dari berbagai sayur yang “diikat” dengan bumbu kacang. Daerah yang paling terkenal akan makanan gado-gado ini adalah ibukota Jakarta, yang disebut sebagai kota gado-gado.
Dalam gado-gado kita bisa menemukan rebusan kacang panjang, bayam, kentang, kecambah, ditambah dengan tahu dan telur. Tak lupa taburan kerupuk di atasnya. Sedap.

7. Nasi Uduk
Nasi uduk biasa dikonsumsi masyarakat Indonesia sebagai menu sarapan. Banyak warung dan pedagang kaki lima yang menyajikan nasi uduk dari sekitar pukul 5:00 pagi sampai pukul 10:00.
Nasi uduk ini pembuatannya barupa beras yang dimasak dengan santan kelapa. Rasanya menjadi gurih dan lezat. Biasanya nasi uduk ini penyajiannya dilengkapi dengan kerupuk, kacang goreng, ikan teri, dan ditaburi dengan bawang goreng. Dan tentu saja, jangan lupa untuk menambahkan sambal kedalam seporsi nasi uduk!

8. Nasi Padang
Nasi padang sesuai namanya memang berasal dari Padang di Provinsi Sumatera Barat. Tapi karena kelezatan dan popularitasnya, hampir di seluruh Indonesia yang terdiri dari 33 provinsi kita dapat menemukannya. Dan bahkan bisa ditemui di mancanegara. Sangat mudah menemuinya di Singapura, Malaysia dan Arab Saudi.
Nasi padang merupakan nasi putih yang penyajiannya dilengkapi dengan sangat banyak jenis lauk pauk dalam piring berbeda. Tinggal pilih dan dinikmati. Variasinya berupa gulai kepala ikan, gulai kaki sapi, sampai gulai usus yang berisi telur di dalamnya. Makanan ini penuh santan dan rempah-rempah.

9. Ayam Goreng
Ayam goreng memang paling lezat bila menggunakan ayam kampung yang teksturnya lebih padat dan rasanya lebih gurih. Bahkan ayam goreng jenis ini kenikmatannya melebihi dari ayam goreng gerai waralaba KFC.
Ayam goreng khas Indonesia digoreng dengan sebelumnya telah dilumuri bumbu rempah (ada juga bumbu bekep). Hasilnya adalah ayam goreng yang renyah, gurih dan spicy. Untuk penyajiannya biasanya ayam goreng ini ditemani dengan sambal cobek atau sambal kecap. Gerai ayam goreng yang paling terkenal di Indonesia adalah Ayam Goreng Wong Solo.

10. Bakmi Goreng
Selain beras, mie adalah sumber karbohidrat yang paling banyak dikonsumsi di Indonesia. Banyak ragam mie di Indonesia mulai dari yang datar (kwetiau) sampai dengan yang halus keriting (bihun).
Salah satu jenis mie yang paling terkenal adalah bakmi. Jenis mie ini berupa mie yang ukurannya sedikit lebih kecil dari pensil dan berwarna kuning. Untuk cara penyajiannya bisa beragam, tapi yang paling populer adalah bakmie goreng. Hampir sama dengan nasi goreng, bakmie ini digoreng dengan bumbu dan dicampur telur, sayur-sayuran, dan  daging ayam atau sapi.

1 comment:

  1. Perkenalkan saya Lisa dari PT. Adways Indonesia yakni perusahaan Jepang yang bergerak di bidang Digital Media Advertising. Pada saat ini saya ingin memperkenalkan Affiliate sistem kami yakni SmartDriver dimana Affiliate ini berbasis CPA ( Cost per Action ) dan Publishers dapat memilih secara langsung Advertisement yg diminatinya untuk ditampilkan di dalam blog.

    Berikut adalah URL untuk melakukan pendaftaran sebagai Publisher SmartDRiver.

    https://smartdriver.asia/publisher/PrePublishers/add

    Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

    --

    Best Regards

    Siti Kolisah

    Business Development Executive

    PT Adways Indonesia

    UOB PLAZA 22nd Floor

    Jl. MH. Thamrin No.10 Jakarta 10230, Indonesia

    HP 085727506251, Telp 021-31920035

    ReplyDelete